Kamis, 22 Agustus 2019

Etnobotani dan Keragaman Senyawa Bahan Alam pada Tumbuhan

Etnobotani merupakan salah satu kajian tentang pemanfaatan tumbuhan secara maksimal oleh manusia, baik dalam bidang obat, makanan, kosmetik, dll. Salah satu contoh produk dari etnobotani dalam bidang makanan yaitu kecap.
Kecap merupakan sebuah produk yang beerbentuk cair yang diperoleh dari proses fermentasi kacang kedelai dengan tambahan bahan lain ataupun juga bisa tidak menggunakan tamahan bahan lain. Nah, seperti yang kita tahu kecap ini banyak beredar dipasaran Indonesia sebagai bumbu tambahan penyedap rasa yang membuat cita rasa makanan menjadi yang semakin enak. Tentu saja, kecap ini terdapat beberapa jenis, seperti yang akan saya bahas yaitu Kecap Manis.
Namanya juga kecap manis, ya pasti manis kann. Biasanya yang manis-manis ini berhubungan dengan yang namanya karbohidrat. Oleh sebab itu, kecap manis ini sendiri komponen terbesarnya yaitu karbohidrat, yaitu sukrosa, glukosa, dan juga fruktosa. Bukan hanya itu, karena kecap manis ini sendiri bahan bakunya kacang kedelai, tentu saja juga memiliki kandungan asam amino yang dapat dikatakan lumayan tinggi. Asam amino yang terdapat dalam kecap manis ini sendiri yaitu asam amino essensial dan juga asam amino non essensial. Asam amino esensial yang terdapat didalam kecap manis ada treonin, valin, isoleusin, leusin, fenilanin, dan lisin. Sedangkan asam amino non esensial yang ada yaitu asam glutamat, serin, prolin, glisin, alanin, dan tirosin.
Asam amino valin berperan dalam fokus mental, koordinasi otot, dan ketenangan emosional. Isoleusin yang dapat mengatur tingkat energi,mengatur gula darah dan produksi hormon. Asam glutamat yang berfungsi sebagai penyusun protein di dalam tubuh. Jadi, dapat kita ketahui asam amino yang terdapat di dalam kecap sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
Tidak hanya itu, gula yang digunakan dalam pembuatan kecap manis ini sendiri bermacam macam, yaitu gula kelapa, gula aren, dan gula tebu. Pada kecap yang mengandung gula kelapa terdapat senyawa aldehid, asam, furan, pirol, turunan benzena, dan ester. Pada kecap manis yang mengandung gula aren terkandung senyawa aldehid, alkohol, furan, hidrokarbon, turunan benzena, dan ester. Terakhir, pada kecap manis yang menggunakan gula tebu mengandungsenyawa keton, alkohol, asam, furan, turunan benzena dan hidrokarbon.
Kecap tidak hanya berfungsi untuk menambah cita rasa pada makanan, akan tetapi juga dapat mengurangi konsumsi gula pada makanan, kaya akan protein yang bermanfaat bagi tubuh, menjadi pewarna alami pada makanan, mengandung zat besi dan juga mengandung vitamin A yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita ini.

Permasalahan
1. Mengapa kecap dapat dijadikan salah satu contoh dari produk etnobotani? Jelaskan!
2. Mengapa kandungan kecap manis yang mengandung gula kelapa dan gula aren berbeda? Jelaskan!
3. Jelaskan contoh dari produk etnobotani yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai mahasiswa, serta jelaskan manfaatnya secara ringkas!

3 komentar:

  1. haii sulviana
    saya Neng Early Oktavia dengan Nim A1C117044 akan mencoba menjawab permasalahan no 1
    menurut saya kecap dapat dijadikan salah satu contoh dari produk etnobotani karena kecap merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari pemanfaatan tumbuhan kacang kedelai yang difermentasi. dalam hal ini kecap banyak digunakan sebagai bumbu maupun penyedap rasa sehingga makanan tersebut menjadi semakin enak. tidak hanya itu, kecap yang terbuat dari bahan baku kacang kedelai ini juga kaya akan protein dan asam amino yang berguna bagi tubuh.

    BalasHapus
  2. Hallo sulviana
    Saya Yuli Pertiwi
    Nim A1C117020
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 3. Salahsatu prpduk etnobotani yang banyak dimanfaatkan kita sebagai mahasiswa adalah kertas. Kertas merupakan hasil produk alam yang bahan utamanya adalah pulp (kayu). Kayu yang biasanya dipakai untuk membuat kertas terdiri dari beberapa senyawa yaitu selulosa, hemiselulosa, lignin. Adapun manfaat kertas bagi kita mahasiswa adalah digunakan untuk keperluan menulis ketika kuliah ataupun belajar. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Halo, Sulvi. Perkenalkan nama saya Salsa Billa Aprianti dengan NIM A1C117052 akan menjawab permasalahan nomor 2.


    Tentu saja berbeda. Kecap yang mengandung gula kelapa terdiri dari persenyawaan ester, asam, turunan benzena, furnan aldehid, dan pirol.


    Sedangkan untuk kecap manis sendiri yang mengandung gula aren terdiri dari persenyawaan hidrokarbon, furan, aldehid, turunan benzena, ester, dan alkohol.


    Semoga membantu.

    BalasHapus

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa

Pada blog sebelumnya kita telah membahas tentang vitamin-vitamin yang esensial bagi tubuh kita, kali ini masih hampir mirip dengan yang se...