Rabu, 16 Oktober 2019

Potensi Pemanfaatan Alkaloid untuk Makhluk Hidup


Pada sebelumnya kita telah membahas tentang keunikan dan keragaman alkaloid. Alkaloid ini memiliki struktur seperti heterosiklik dan memiliki atom N. Sehingga disebutlah senyawa ini sebagai alkaloid. Alkaloid ini sendiri sangat bermanfaat bagi makhluk hidup, dan juga alkaloid ini tak hanya terdapat pada tumbuhan, tetapi juga terdapat mikroorganisme lain. Keunikan dan keragaman dari alkaloid ini menyebabkan banyaknya penggolongan dari alkaloid, sehingga memiliki fungsi yang banyak bagi makhluk hidup yang ada di alam ini.
Alkaloid ini selain memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, alkaloid ini juga memiliki fungsi yang mematikan. Sehingga dapat digunakan bagi pertahanan bagi tumbuhan untuk meracuni mikroorganisme yang akan menghambat atau mengganggu pertumbuhan bagi tanaman tersebut. Inilah salah satu fungsi bagi alkaloid yang memiliki struktur yang sangat beragam.
Pemanfaatan pada Tumbuhan
            Alkaloid ini memiliki banyak fungsi, salah satunya bagi tumbuhan atau tanaman. Didalam dunia tanaman, tidak semua tanaman memiliki alkaloid. Sehingga apabila dalam tanaman terkandung alkaloid memiliki manfaat-manfaat tersendiri. Manfaatnya yaitu
1. dapat menjadi tempat penyimpanan nitrogen,
2. dapat melindungi tanaman dari parasit, hama dan pemangsa-pemangsa tanaman
3. dapat mengatur tumbuh dan kembang dari tumbuhan
4. dapat menjaga keseimbangan ion pada tanaman dengan mengganti basa mineralnya
Contoh tanaman yang mengandung alkaloid:
Mahkota dewa

Pemanfaatan pada Manusia
            Alkaloid ini memiliki banyak fungsi, alkaloid tidak hanya memiliki fungsi yang tidak baik namun juga memiliki fungsi yang dapat digunakan oleh manusia. Senyawa-senyawa alkaloid ini memiliki sifat analgetik yang mana dapat menghilangkan rasa sakit, dan juga narkotika yang dapat menghilangkan rasa sakit sekaligus dapat juga digunakan untuk membius. Tidak hanya dua hal itu, namun juga memiliki fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Contoh senyawa alkaloid
Kafein

Merupakan alkaloid yang memiliki bentuk kristal dan biasanya berfungsi sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein biasanya diidentikkan dengan kopi, namun sebenarnya bukan kopi saja yang terdapat kafein, ada juga makanan atau minuman jenis lain seperti teh. Bahan pangan yang dinilai memiliki kandungan kafein yaitu seperti daun teh, biji kopi, buah kola, guarana dan mate.
daun teh

Morfin

Merupakan alkaloid yang banyak ditemukan pada tanaman opium dan juga ia bekerja pada sistem saraf pusat pada tubuh kita untuk mrnghilangkan rasa sakit. Ada banyak sekali efek samping dari penggunaan morfin ini sendiri, dan juga memberikan rangsangan ketergantungan. Sehingga dinilai cukup tidak baik. Lalu juga digolongkan dalam narkotika.
tanaman opium

Nikotin


Merupakan alkaloid yang biasanya dihasilkan pada tanaman tembakau dan terung-terungan. Nikotin ini dinilai tidak baik bagi manusia, sehingga kadang dihindari. Namun jarang kita ketahui bahwa kentang, terung dan tomat juga memiliki kandungan nikotin. Nikotin ini sendiri bersifat aditif yang dapat memberikan candu.
kentang


Permasalahan
1. Jelaskan apakah bisa fungsi dari alkaloid pada tanaman bisa diganti dengan senyawa lain? Sehingga tanaman yang tidak terdapat alkaloid dapat mempertahankan dirinya dan juga keseimbangan ionnya dapat terjaga?
2. Apakah jika kita menggunakan alkaloid untuk anastesi akan memberikan dampak buruk atau efek samping bagi orang yang di anastesi, karena jika dilihat dari zat yang digunakan untuk anastesi itu adalah morfin, apakah akan membarikan dampak buruk?
3. Kentang mengandung nikotin(alkaloid) dalam jumlah yang sedikit. Apakah dengan kita memasak kentang ini kandungan nikotinnya akan hilang atau menjadi lebih sedikit? Bagaimana perbedaanya dengan tembakau yang diproses sehingga digunakan pada rokok?

3 komentar:

  1. No. 2
    Morfin merupakan turuna dari opium yang dapat digunakan di dunia kesehatan salah satunya anastesi untuk menghilangkan rasa sakit ketika dilakukannya oprasi. Apabila digunakan dengan dosis yang sesuai kecil kemungkinan efek samping bagi pasien opraasi karena anastesi dilakukan selama oprasi.

    BalasHapus
  2. No 3.
    Kentang memang terdapat nikotin di dalamnya,tetapi tidak semua jenis kentang.Hanya kentang jenis "pulp" saja yang mengandung nikotin.Jika memasaknya kandungan nikotin didalamnya tidak akan hilang,namun jika dikonsumsi pun tidak akan juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita karena kandungannya masih dalam kategori aman.Tidak sama halnya dengan kandungan nikotin pada rokok,nikotin pada rokok akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh,karena kandungan nikotin pada tembakaunya sangat besar.

    BalasHapus
  3. No.1
    Alkaloid merupakan bagian dari metabolit sekunder. Dan bila pada tanaman tidak ada alkaloid maka fungsinya digantikan dengan metabolit yang lain seperti terpenoid yang memiliki fungsi insect antifectan.

    BalasHapus

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa

Pada blog sebelumnya kita telah membahas tentang vitamin-vitamin yang esensial bagi tubuh kita, kali ini masih hampir mirip dengan yang se...