Jumat, 15 November 2019

Vitamin-Vitamin Esensial dari Bahan Alam


Haiii..
Setelah pembahasan yang rumir mengenai steroid. Selanjutnya kali ini kita akan memprediksi vitamin-vitamin esensial dari bahan alam yang ada disekitar kita. Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai vitamin, maka saya akan mencoba membahas apa itu vitamin terlebih dahulu.
Vitamin sendiri adalah suatu atau substansi yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat yang berupa senyawa kompleks. Adapun fungsi dari vitamin ini sendiri adalah untuk mengatur proses yang terjadi dalam tubuh kita, sehingga vitamin dinilai sangat penting untuk diperoleh dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan dikonsumsi. Tentunya apabila kita kekurangan vitamin maka akan membuat tubuh kita tidak normal, maksudnya disini lebih mudah diserang penyakit. Contohnya saja yang umum adalah kekurangan vitamin C akan membuat sariawan. Selanjutnya adalah vitamin esensial, vitamin ini merupakan vitamin yang menjadi dasar yang belum terkontaminasi dengan senyawa lain yang memiliki manfaat bagi tubuh kita agar berjalan secara normal semua proses yang terjadi. Sehingga tubuh terasa lebih sehat.
Vitamin esensial banyak sekali jenisnya, yang mana dapat diperoleh dengan beberapa cara contohnya dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin atau juga mengonsumsi suplemen atau suntik vitamin. Ada banyak cara untuk memperolehnya. Berikut adalah jenis-jenis dari vitamin esensial beserta fungsinya:
VITAMIN A
Vitamin A adalah salah satu vitamin yang esensial bagi tubuh, yang mana biasanya disebut juga dengan retinol yang berfungsi dalam banyak hal. Salah satu fungsi yang sangat kita kenal adalah membuat mata tetap sehat. Vitamin A ini tidak hanya memiliki fungsi itu saja, namun juga berfungsi dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta membantu dalam mempertahankan jaringan epitel manusia dan juga dapat mempertahankan kekebalan tubuh. Setelah mengetahui fungsi itu, kita pasti menyadari bahwa vitamin A ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga kita harus memperolehnya dengan cara mengonsumsinya. Ada banyak sumber-sumber vitamin A yang kita kenal, dibagi menjadi dua yaitu hewani dan nabati. Untuk hewani ada minyak ikan, mentega, keju dan juga susu. Untuk nabati sendiri ada banyak yang termasuk didalamnya adalah sayuran yang berwarna hijau/kuning dan margarin serta buah, seperti wortel pisang, pepaya, dan juga cabai serta lainnya.


VITAMIN B1
Vitamin B1 merupakan salah satu vitamin yang esensial bagi manusia dan biasanya juga disebut sebagai Thiamin. Vitamin ini termasuk kedalam golongan vitamin PRAKOENZIM yang larut dalam air serta tidak disimpan dalam tubuh melainkan disekresi melalui urine namun juga tidak beracun. Vitamin  ini memiliki fungsi membantu metabolisme protein dan lemak serta mambantu merawat kesehatan kulit kita yang mana vitamin ini banyak ditemukan pada makanan yang kita konsumsi. Banyak sumber makanan untuk vitamin B1 ini yang kita kenal yaitu beras, gandum, daging, kacang kedelai, kacang tanah, dan juga susu serta sayur.


VITAMIN B2

Vitamin B2 termasuk kedalam golongan PRAKOENZIM yang larut dalam air dan tidak beracun serta tak disimpan dalam tubuh melainkan diekskresi dalam bentuk urine. Vitamin ini disebut juga dengan riboflavin yang mana ini juga esensial bagi tubuh manusia yang mana fungsinya sebagai salah satu agen penting dalam metabolisme tubuh dan juga dapat menyokong pertumbuhan organ-organ tubuh kita. Sadarnya kita akan pentingnya vitamin ini membuat kita ingin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 ini. Beberapa sumber vitamin B2 yang dikenal adalah kacang kedelai, sayuran segar, kuning telur, dan juga susu.


VITAMIN B6

Vitamin B6 (piroksina) ini digolongkan kedalam vitamin yang larut dalam air dan mempunyai banyak fungsi bagi manusia. Yang mana fungsinya berperan pada metabolisme asam amino lalu juga sebagai penghasil energi dengan koensimA dan juga pertahanan tubuh. Setelah mengetahui manfaat dari vitamin ini, pasti kita tahu betapa pentingnya vitamin ini sehingga berniat untuk mengonsumsinya. Adapun sumber sumber dari vitamin ini adalah beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan juga ikan.

VITAMIN B12
Vitamin ini tergolong larut dalam air dan berperan pada metabolisme asam amino dan metabolisme energi. Vitamin B12 ini hanya terdapat dalam hewan tidak terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Istilahnya hanya ada pada hewani, tidak ada nabati. Sehingga senyawa ini dapat ditemukan hanya pada susu, telur, ikan, mentega dan daging serta lainnya.


VITAMIN C
Vitamin C merupakan vitamin yang masih tergolong dalam Prakoenzim yang larut dalam air dan tidak beracun serta memiliki efek yang sangat esensial bagi tubuh manusia. Fungsi yang sangat penting dari vitamin ini adalah sebagai antioksidan yang dapat menghambat reaksi oksidasi yang terjadi dalam tubuh. Banyak sekali sumber-sumber vitamin ini yang kita tahu, seperti jeruk yang sangat terkenal dengan vitamin Cnya, selain itu juga ada sayuran hijau dan juga buah-buahan.

VITAMIN D
Vitamin ini termasuk kedalam golongan ALOSTERIN yang mana juga memiliki efek yang esensial bagi tubuh. Senyawa yang termasuk kedalam golongan ALOSTERIN ini bersifat larut dalam lemak, disimpan dalam tubuh dan yang termasuk kedalam nya yaitu vitamin A, E, D dan K. Vitamin ini biasa disebut juga sebagai kalsiferol yang banyak terdapat dalam minyak ikan, susu,  dan lainnya. Vitamin ini berfungsi dalam kalsifikasi tulang dan juga gigi.

VITAMIN E
Vitamin ini masih digolongkan kedalam senyawa ALOSTERIN dan biasa juga disebut dengan tocoferol. Senyawa ini bersifat atau memiliki efek yang esensial dalam tubuh manusia yang mana memiliki manfaat dalam menjaga jaringan tubuh agar tetap normal dan juga berfungsi melindungi paru-paru manusia, masih banyak lagi. Vitamin ini biasanya banyak ditemukan pada tauge, minyak tumbuhan, sayuran hijau dan juga kacang-kacangan.

VITAMIN K
Vitamin ini adalah vitamin yang masih tergolong dalam senyawa alosterin yang larut dalam lemak, lalu senyawa ini juga memiliki nama lain yaitu fulokuinona. Vitamin ini memiliki peran dalam penutupan luka dan dalam sistem peredaran darah. Biasanya banyak terdapat pada tanaman-tanaman seperti sayuran hijau dan juga hati.

PERMASALAHAN 
1. Vitamin A dan D sama-sama dikenal sebagai faktor dalam pertumbuhan tulang. Apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi sedangkan keduanya memiliki struktur yang amat berbeda?
2. Vitamin dibagi menjadi alosterin(larut dalam lemak) dan prakoenzim(larut dalam air). Vitamin yang larut dalam lemak ini ada vitamin A, D, E dan K. Jika dilihat dari stukturnya vitamin A, D, E, dan K memiliki struktur yang sangat berbeda. Apa yang menyebabkan keempat vitamin ini sama-sama dapat larut dalam lemak?
3. Menurut sumber yang saya baca, vitamin B2 ini tahan terhadap panas. Jelaksan berdasarkan padangan anda apakah pemasakan bahan yang mengandung vitamin B2 ini tidak akan mempengeruhi struktur atau perannya?


4 komentar:

  1. 3. Tidak, karena sudah jelas bahwa vitamin B2 tahan terhadap panas.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. 1. Vitamin A dan D berguna dalam pembentukan pertumbuhan tulang. Tetapi dalam strukturnya terdapat perbedaan. Dalam Vitamin D, terdapat molekul aktif yang disebut Kalsitriol. Fungsinya bagi tubuh yaitu membantu penyerapan kalsium dalam tulang dan otot. Sedangkan pada vitamin A/pro-vitamin A merupakan bahan aktif yang
    dibutuhkan oleh tubuh didalam menjaga kesehatan tubuh melalui mekanisme siklus sel dalam mengatur proliferasi dan difrensiasi sel.

    BalasHapus
  4. 2. Vitamin ADEK ini memiliki rantai nonpolar yang menyebabkan vitamin ini tidak larut dalam air

    BalasHapus

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa

Pada blog sebelumnya kita telah membahas tentang vitamin-vitamin yang esensial bagi tubuh kita, kali ini masih hampir mirip dengan yang se...