Jumat, 11 Oktober 2019

Potensi Pemanfaatan Flavonoid untuk Makhluk Hidup


Hai teman-teman, kali ini saya akan mengulas sedikit tentang pemanfaatan dari flavonoid yang telah kita pelajari sebelumnya. Dari blog sebelumnya saya telah memaparkan sedikit ulasan tentang flavonoid dan juga jenisnya. Kita dapat mengetahui bahwa flavonoid ini hanya dapat dihasilkan dari tumbuhan disekitar kita dan terdapat pada setiap bagian dari tumbuhan itu sendiri.
Salah satu pemanfaatan yang umum pada flavonoid ini sendiri adalah sebagai antioksidan. Kita tentu tahu bahwa antioksidan ini sangat bermanfaat sebagai penangkal oksidan begitupula radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Radikal bebas sangat terkenal sebagai penyebab penyakit-penyakit pada manusia. Antioksidan sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menangkal radikal bebas, oleh sebab itu kita disarankan agar mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.
Banyak makanan yang kita makan mengandung flavonoid, akan tetapi harus selalu diperhatikan cara memasak yang kita gunakan agar kandungan flavonoid yang ada dalam tanaman tersebut tetap terjaga. Sehingga kita dapat merasakan manfaat dari flavonoid sendiri. Flavonoid juga ada dijual dalam bentuk suplemen, akan tetapi lebih baik mengonsumsinya dengan cara memakan buah atau sayur yang sehat.
Contoh senyawa Flavonoid
APIGENIN

Merupakan salah satu senyawa flavonoid yang terdapat pada tumbuhan atau tanaman seledri.

Apigenin ini sendiri dapat digolongkan sebagai senyawa flavon. Salah satu fungsi dari senyawa ini adalah dapat mencegah terjadinya kerusakan ginjal pada tubuh manusia.

GENISTEIN

Genistein ini sendiri merpakan senyawa flavonoid yang banyak terdapat dalam kedelai dan juga masih ada tanaman lain. 

Digolongkan dalam senyawa isoflavon. Biasanya ditemukan dalam bentuk aglikonnya. Genistein ini dinilai sebagai antioksidan yang baik pada tubuh hewan maupun tubuh kita manusia.

PHLORETIN

Dapat digolongkan pada senyawa flavonoid kalkon yang mana zat ini banyak terdapat atau terkandung didalam buah apel yang sering kita konsumsi tentusaja.
Fungsinya dapat mengurangi dampak radikal bebas pada tubuh kita yang mengakibatkan penuaan. Sehingga sangat berpotensi digunakan dalam bentuk produk scincare.
Permasalahan
1. Kita mengetahui bahwa tahu, tempe dan susu kedelai merupakan produk dari pengolahan kacang kedelai yang memiliki cara pengolahan yang berbeda-beda, yang mana kacang kedelai ini dinilai sangat bermanfaat bagi tubuh dan memiliki flavonoid yang baik. Jelaskan tanggapan anda yang mana yang mana yang lebih banyak mengandung flavonoid dan sebabnya?
2. Seorang perokok biasanya terlihat lebih tua dibandingkan usianya, apakah bisa dengan mengonsumsi flavonoid hal tersebut efeknya berkurang?

3. Teh dan kopi merupakan kedua jenis minuman yang biasanya dikonsumsi orang dewasa sekarang. Jelaskan mana yang lebih efektif untuk mengurangi dampak dari radikal bebas dalam tubuh kita akibat asap rokok dan lain-lain?

3 komentar:

  1. Saya akan menjawab permasalahan nomor 2.

    Kita tahu kalau kegiatan merokok merupakan kegiatan memasok pelbagai zat yang berbahaya hingga meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh.

    Cara mengurangi dampak negatif dari rokok yakni dengan mengonsumsi makanan yang memiliki flavonoid. Contohnya makanan yang mengandung kedelai seperti tahu dan tempe mampu melindungi paru-paru dan juga sesak napas akibat rokok.

    BalasHapus
  2. (A1C114061) menjawab nomer 1, yang lebih banyak mengandung flavonoid adalah hasil dari olahan kedelai itu sendiri yaitu tempe. Hal itu disebabkan pada proses fermentasi terjadi reaksi yang mampu menghasilkan isoflavon lebih banyak dubanding sebelumnya.

    BalasHapus
  3. saya menjawab pertanyaan no 3.
    menurut saya teh lebih efektif untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh akibat rokok adalah teh, karena teh memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh

    BalasHapus

Kimia Bahan Alam untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa

Pada blog sebelumnya kita telah membahas tentang vitamin-vitamin yang esensial bagi tubuh kita, kali ini masih hampir mirip dengan yang se...